Rabu, 11 Oktober 2017

GPS Challenge 2016

Berlanjut lagi catatan perjalanan kami. Kali ini kami mengunjungi salah satu acara tahunan Nusantaride yaitu GPS Challenge 2016 yang serentak diadakan di 4 wilayah di Indonesia pada Sabtu, 12 November 2016.

Kali ini kami memilih wilayah Jateng-DIY yang berlokasi di Kebun Teh Tombo, Batang. Kebun Teh Tombo ini merupakan perkebunan teh milik PTPN yang tengah dikembangkan untuk menjadi tujuan wisata baru. Lokasi yang tenang dan sejuk membuat lokasi ini bisa dijadikan salah satu destinasi yang patut untuk dikunjungi. Sebenarnya banyak teman teman Jogja yang berangkat sejak hari jumat malam karena akan mampir ke Dieng terlebih dahulu, tetapi kami berangkat hari Sabtu dengan rute Jogja-Ambarawa-Pantura-TKP karena alasan efisiensi waktu dan uang.

12 November 2016.....
     Pagi itu alarm berbunyi pada pukul 04:00. Setelah ibadah, mandi, sarapan dan mengecek barang bawaan serta motor bergegaslah kami berangkat menuju lokasi sekitar pukul 5:30. Kami memang lebih suka melakukan perjalanan pada pagi hari karena beberapa alasan. Selain udara yang masih sejuk, lalu lintas yang masih sepi, serta bonus pemandangan alam yang menyejukkan dipagi hari membuat suasana riding lebih berkesan.
berangkaaaaaaaat

Sekitar pukul 09:00 kami sudah sampai daerah ambarawa. Sebenarnya kami berniat menuju lokasi acara pada sore hari karena dari Semarang tidak terlalu jauh.

istirahat dulu...

Setiba di Semarang sambil menunggu waktu berangkat, kami mempersiapkan bekal makan dan mempersiapkan Mons supaya tidak trouble dijalan.

priper

Singkat cerita, kami berangkat dari Semarang sekitar pukul 16:00 dengan rute melalui jalur pantura. Akan tetapi sekitar 10km dari lokasi hujan datang dan membuat perjalanan kami sedikit tersendat. Beberapa kali harus berteduh karena tidak bisa menggunakan GPS diperjalanan. Berteduh paling lama adalah saat jarak menuju lokasi tinggal 2km lagi, disaat hujan deras memaksa kami untuk berteduh ditempat pemotongan kayu. Kurang lebih 1 jam kami berteduh berdua disana dan pada akhirnya ada rombongan Semarangers, Mas Wildan dan kawan-kawan yang ikut berteduh juga. Setelah mengobrol lama, akhirnya hujan reda dan kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi.

Ternyata jalan menuju lokasi yang bertekstur tanah liat dan bebatuan, ditambah lagi guyuran air hujan yang membuat roda motor terpeleset beberapa kali. Tak sedikit juga yang harus jatuh karena licinnya jalanan tersebut.

Akhirnya kami tiba dilokasi sekitar pukul 20:00 dengan keadaan hujan deras. Setelah menunggu reda sembari bersalaman dengan beberapa sahabat yang dari dari beberapa wilayah di Jawa seperti Semarang, Demak, Jogja, Surakarta, Batang, Pekalongan, Purworejo dan yang paling jauh dari Lampung.

Hujan yang mengguyur malam itu membuat kami hanya berdiam diri ditenda.

13 November 2016.....

Pagi hari gerimis masih menemani kami, terdengar suara motor datang ditengah heningnya suasana pagi itu. Ternyata adalah Pakdhe Julianto, beliau menyempatkan mampir setelah menghadiri GPS Challenge koordinat Jawa Barat. Meskipun awan mendung masih saja menyelimuti lokasi camping, akan tetapi beberapa perbincangan kecil menghangatkan suasana pagi itu.....

Pakdhe Jul

Tim Do Maido sedang bercengkrama

Pada liatin apa sih?
     Karena suasana mendung dan gerimis sesekali hadir, kami baru mulai beberes tenda sekitar pukul 09:00. Semua rombongan Jogist (rombongan subscriber Jogja di forum www.nusantaride.com) langsung pulang ke Jogja, akan tetapi kami tidak ikut rombongan tersebut karena harus mampir ke Semarang.

Kembaran

001 Jogist Dimas Reza sedang berpamitan

ada Septia "Juna" Saputra
eh ada Muhammad Dimas
CIyeee Indry sama Christian lagi pacaran

Rombongan Jogja pada pulang

Sebelum pulang, kami foto-foto dulu. Rugi jauh-jauh datang kesini kalo nggak foto.....

lokasi camp dari kejauhan

sip
foto dulu
foto disamping teh
Senyum-senyum aja neng...
     Sekitar pukul 10:00 , kami pulang bersama rombongan terakhir. SemarangerS dan Soeridekartan's. Selama perjalanan juga masih setia ditemani oleh hujan. Ditambah lagi karena suatu hal yang membuat rombongan salah mengambil jalan, yang awalnya ingin mengambil rute lewat Boja, malah balik lagi ke rute Pantura yang notabene muter jauh banget..
prepare pulang

Don't try this at home
ijin melintas lur

Singkat cerita sampai Jogja sekitar pukul 20:00.

Sekian cerita perjalanan kami menghadiri acara GPS Challenge 2016 di Kebun Teh Tombo ini. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berkendara dan biasakan mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara. Sampai jumpa di catatan perjalanan kami selanjutnya.

Berikut koordinat lokasi kebun teh Tombo : -7.0941950, 109.7825820

Foto Keluarga

SILATURIDE NUSANTARIDE 2016

Berlanjut lagi catatan perjalanan kami. Setelah menghadiri acara SABUKBER , kali ini kami menghadiri acara SILATURIDE NUSANTARIDE yang berlokasi di Waduk Nglangon, Grobogan.

Pada kesempatan ini kami melakukan perjalanan bersama Mas Shidiq, beliau adalah subscriber Nusantaride Jogja juga. Perjalanan kali ini menggunakan rute Jogja - Magelang - Ambarawa - Gunungpati - Purwodadi - Grobogan. Rute ini memang jauh karena ada suatu hal penting yang harus diambil di Gunungpati

16 Juli 20216.....

Jam tangan sudah menunjukkan pukul 7:30, segera kuhidupkan mesin Mons dan bergegas menuju meet point bersama Mas Shidiq disalah satu SPBU di daerah Sleman. Tak lama kemudian, Mas Shidiq tiba dilokasi. Setelah mengisi bahan bakar motor masing-masing, mulailah perjalanan piknik kali ini....

Tak terasa setelah riding kurang lebih 6 jam, kami berhenti untuk makan siang didaerah Grobogan....

Setelah makan siang

Setelah makan dan istirahat sebentar, kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi yang sudah dekat. Saat diperjalanan, kami dihampiri "mas bikers" yang niatnya mengawal kami sampai kelokasi camping, akan tetapi karena "mas bikers" naik motornya cepet banget dan kami jalan lambat, alhasil kita ketinggalan dan ketawa ketiwi dijalan. Lha wong kami sudah biasa jalan pelan dan nggak pake acara kawal-kawalan kok...

Setelah kejadian konyol tersebut, akhirnya kami tiba dilokasi. Jalan makadam menuju lokasi alhasil membuat satu baut bracket box saya lepas.Karena acara Silaturide kali ini bersamaan dengan event Satu Cakrawala (Salah satu gerakan pehobi motor yang peduli akan pendidikan Indonesia khususnya di wilayah Jawa) jadi rangkaian acara dari siang sudah banyak yang tiba dilokasi. Beberapa sahabat dari Jawa Tengah seperti Semarang, Demak, Grobogan, Pati, Kajen, Salatiga, Solo, Karanganyar dan Purworejo. Bahkan ada beberapa sahabat dari Jawa Timur seperti Jombang dan Malang. Karena kami tiba dilokasi sudah petang, maka langsung mendirikan tenda dan ibadah sholat maghrib dan isya, kebetulan ada mushola kesil disekitar lokasi Waduk Nglangon ini.

Suasana sore itu...

Setelah mendirikan tenda, sholat dan makan kami saling bersalam-salaman (halal bi halal ceritanya). Pada malam itu suasana lokasi disekitar waduk terasa dingin, bulan pun terlihat karena langit cerah.

Seperti biasa, setiap perjalanan untuk bertemu sahabat seperti mereka selalu mengalahkan rasa kantuk maupun lelah yang membuat saya betah mengobrol dengan mereka hingga larut malam. Walaupun sekedar nyeduh kopi (dari mas Setyaji Rizki), bercanda bersama, bahkan sampai menghabiskan makanan turbo (turahan bodo-nya mas Abiel yang bawa beberapa toples dari rumah) semakin membuat suasana malam itu sulit untuk dilewatkan. Dan pada akhirnya mendekati pukul 01:00 beberapa sudah tidak kuat menahan rasa ngantuknya......

17 Juli 2016.....

Suasana pagi itu mendung. Gerimis setelah subuh hingga sekitar pukul 07:00 semakin membuatku malas untuk keluar dari tenda. Beberapa masih terlelap dalam tidur, beberapa juga sudah berkelana dengan motornya untuk mengabadikan momen pagi itu.

\
Mendung pagi itu

Bercengkrama

Kampung tenda dadakan

Hai Mons

Jam tangan sudah menunjukkan pukul 09:00, saatnya berkemas untuk pulang ke Jogja

Siap pulang

Pagi itu, saya pulang bersama rombongan Soeridekartan's (rombongan subscriber di forum www.nusantaride.com dari Surakarta dan sekitarnya). Sekitar pukul 10:00 kami beranjak meninggalkan lokasi...

Bersama Wahid, Anggigo dan Radit

yah ketinggalan

Rombongan lenong

Akhirnya saya pribadi sampai dirumah sekitar pukul 15:00, terbilang lama karena banyak berhenti untuk istirahat dan ada suatu misi yang harus saya selesaikan :)

Sekian catatan perjalanan kami saat menghadiri acara Silaturide Nusantaride 2016 di Waduk Nglangon, Grobogan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berkendara dan biasakan mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara.

Berikut adalah koordinat lokasi Waduk Nglangon : -7.1724947,111.1372557

Jumat, 09 Desember 2016

SABUKBER NUSANTARIDE 2016

Berlanjut lagi kisah perjalanan kami setelah lama vakum dari dunia permotoran (sebenernya cuma belum ada mood buat nulis aja :D )

www.nusantaride.com

Kali ini, kami menghadiri sebuah acara dari Nusantaride (www.nusantaride.com) yang bertajuk Sahur dan Buka Bersama atau disingkat "SABUKBER" yang berlokasi di Embung Kledung, Temanggung pada tanggal 24-25 Juni 2016. Kali ini kami bersama beberapa rekan subscriber Nusantaride Jogja yaitu Indry Hertrianto Saputro (www.lemurides.blogspot.co.id) dan Christian Mahendrata (www.ceriteramahendra.wordpress.com).

Berawal dari sebuah kesepakatan antara kami bertiga yang ingin membuat sebuah kejutan kepada teman-teman subscriber yang lain, kami membuat cerita dan alasan seakan kami bertiga tidak menghadiri acara. Ada yang beralasan tidak ada dana, ada acara keluarga, hingga pulang ke Balikpapan pun untuk membuat teman yang lain yakin bahwa kami tidak akan menghadiri acara tersebut. Dan alhasil beberapa teman pun percaya dengan sandiwara kami.

24 Juni 2016.....

Waktu menunjukkan pukul 18:30, setelah berbuka puasa dirumah dan mempersiapkan bekal pakaian, makanan, uang, tenda dan perlengkapan lainnya kami berangkat ke Temanggung dengan rute Jogja - Magelang - Pare - Parakan. Berangkatlah kami bertiga dengan kecepatan yang standar (karena motor banyak muatan jadi nggak bisa ngebut :D).

Istirahat sebentar

Kurang lebih 2 jam perjalanan semenjak berangkat dari rumah, sampailah kami di daerah Parakan untuk istirahat sebentar sambil membeli beberapa makanan ringan untuk bekal dilokasi nanti.
     Kurang lebih pukul 21:30 kami tiba dilokasi. Total 3 jam kami berkendara. Terbilang lama karena beberapa kejadian yang dialami seperti terpisah jauh dijalan hingga tersesat karena jalan menuju gerbang masuk ke lokasi yang ternyata bersebelahan dengan makam. Tekstur jalan makadam menanjak yang dilaluipun semakin menantang karena kami melintas ketika malam hari.

Setelah sampai dilokasi dan mendirikan tenda, kami beramah-tamah kepada sesama subscriber yang menghadiri acara tersebut. Diantaranya dari Semarang, Jogja, Purworejo, Magelang, Solo, Demak dan beberapa kota lain disekitar Jawa Tengah. Suasana malam semakin ceria karena ada api unggun yang dinyalakan pada saat itu, yang menambah suasana hangat diantara dinginnya angin disekitar lokasi.

Suasana malam itu.....

25 juni 2016.....
     Waktu menunjukkan pukul 03:00. Meskipun beberapa dari kami tidak tidur (termasuk saya) , kamipun segera melakukan santap sahur bersama dengan menu makan yang telah disediakan panitia acara. Beberapa dari kami malah ada yang tetap tertidur pulas karena sudah santap sahur pada jam sebelumnya. Sambil menunggu imsak dan waktu sholat Subuh, kami saling bercanda karena mayoritas dari kami tidak pernah saling bertemu dalam waktu yang lama.

Saat santap sahun bersama teman-teman

Setelah sholat subuh, beberapa ada yang kembali tidur dan ada pula yang bersiap mengabadikan momen menggunakan kamera.

Pagi yang mendung dan dingin

Mengintip Puncak

Hasil jepretan mas Ahmad Ghufron

Disebelah tanaman tembakau

Awan yang menutupi pegunungan Sumbing

Ini versi yang tak tertutup awan

Diatas Embung

Gunungnya ada 2 *eh

Selfieee.....

Gunung diatas awan

Indahnya pemandangan Gunung Sindoro

Waktu menunjukkan pukul 09:00, Kami mulai membereskan tenda dan membersihkan lokasi yang kami gunakan. Dan pada akhirnya, kami kembali berpisah untuk bertemu kembali dilain waktu.

Salah satu momen pagi itu

Foto keluarga dulu....

Kami pulang ke Jogja dalam satu rombongan yang berjumlah 6 orang. Akan tetapi dijalan kami terpisah semua. Ada yang mengantuk sampai tersenggol Avanza, ada yang ketinggalan jauh dibelakang, ada yang ditunggu tetapi lewat jalur yang berbeda, ada pula yang mengantuk lalu ditinggal oleh rombongan :D

Dan akhirnya saya pribadi tiba dirumah dengan selamat pada pukul 12:30.

Sekian cerita perjalanan kami menghadiri acara SABUKBER NUSANTARIDE di Embung Kledung ini. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat berkendara dan biasakan mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara. Sampai jumpa di catatan perjalanan kami selanjutnya.